Kamis, 03 Juni 2010

URGENSI EKSISTENSI LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN






Administrasi perkantoran atau manajemen perkantoran (office management) disamping sebagai ilmu juga merupakan seni. Artinya kita dapat memperoleh pengetahuan administrasi perkantoran dengan belajar, latihan, menghayati, demonstrasi dan simulasi. Pengetahuan dan ketrampilan akan dapat dimiliki asalkan mau melatih diri (learning by doing). Namun demikian setelah sampai pada pelaksanaan atau aplikasinya faktor bakat atau pembawaan memegang peranan yang sangat menentukan. Oleh karena itu disamping latihan menghayati dan melakukan sendiri, pemupukan dan pembinaan bakat sangat penting agar outputnya benar-benar berbobot dan dapat diandalkan. Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, ketrampilan dan kreativitas siswa sangat perlu adanya laboratorium sebagai media sebelum terjun ke kancah dunia kerja. Disamping itu dengan laboratorium dapat menjembatani dunia teori dengan praktik, sehingga siswa diharapkan tidak canggung dalam menghadapi dunia kerja.

Laboratorium tidak hanya monopoli ilmu eksakta dan teknik akan tetapi diperlukan juga untuk mengembangkan semua cabang dan bidang ilmu. Laboratorium selain merupakan kelengkapan akademik dan juga merupakan media yang dapat meningkatkan mutu profesionalisme bidang pekerjaan atau profesi. Melalui laboratorium kita dapat meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan dalam mewujudkan kemampuan setiap siswa. Laboratorium merupakan tiang utama bagi mata pelajaran ketrampilan, maka sukses studi ketrampilan mutlak adanya laboratorium. Belajar mata pelajaran ketrampilan tanpa praktik ibarat belajar berenang di bak mandi. Secara ideal apabila kita ingin meningkatkan profesionalisme, kualitas serta relevansi output dengan kebutuhan dunia kerja maka sangat perlu ditunjang oleh laboratorium.

Dalam dunia pendidikan laboratorium berarti ruangan, gedung, kawasan yang diperlengkapi dengan instrumen-instrumen untuk melakukan pekerjaan-perkerjaan ilmiah. Melalui Laboratorium Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga diharapkan siswa program keahlian dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang mesin-mesin dan peralatan-peralatan kantor yakni bagaimana mengklasifikasikan, menggunakan dan merawatnya dengan tepat dan benar. Selain itu diharapkan juga dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan bidang kesekretarisan.

2 komentar: